Kisah

Cara Melakukan Wawancara sebagai media penelitian

Cara Melakukan Wawancara sebagai media penelitian – wawancara adalah sebuah dialog yang intinya akan mendapatkan informasi dari narasumber. Ketika kalian wawancara, narasumber bersedia untuk menjawab pertanyaan wawancara. Jika si narasumber tidak ingin menjawab pertanyaan dari kalian, maka bisa saja metode wawancara yang kalian lakukan itu salah. Untuk itu kalian bisa membaca artikel yang satu ini.

sumber: banjaemasin.tribunnews.com

Narasumber ini berasal dari 2 kelompok yaitu kelompok yang kompeten atau yang sudah tahu (pengalaman) atau kelompok orang yang menjadi pelaku dari pertanyaan yang dituju.

Hal-hal penting saat Melakukan Wawancara sebagai media penelitian

Nah, jika kalian bertanya kepada narasumber, terdapat kesalahan yang fatal yang sering dialami si wawancara yaitu menanya inti dari yang kalian tanyakan. Contohnya kalian mewawancarai pelaku narkoba kemudian kalian bertanya kenapa kamu memakai narkoba padahal tahu itu salah?. nah, jika kalian langsung menuju ke pertanyaan tadi maka ada 2 kemungkinan yang kalian alami. yang pertama yaitu mendapat jawaban akan tetapi seperti kurang percaya (bisa saja perkataan nya bohong) dan kedua dipukul karena merasa tersinggung, kalian tidak tahu sifat orang kayak gimana.

intinya dalam melakukan wawancara sebagai media penelitian, kalian harus buat si narasumber menjadi nyaman agar jika kita membuat pertanyaan, maka akan besar kemungkinan dijawab jujur oleh narasumber karena jika sudah merasa nyaman maka ia akan merasa blak-blakan berbicara dengan kita selayak dia berbicara dengan temannya.

biasanya, wawancara ini bersifat subjektif karena biasanya wawancara menjelaskan tentang hal pribadi atau pengalaman nya jadi lebih ke subjektif.

Nah, jika kalian ingin wawancara seseorang yang sifatnya ke pribadi, maka kalian bisa memanipulasi agar tidak terjadi kebungkaman pada narasumber. contohnya bisa bermain games, di sela-sela bermain game kalian bisa mempertanyakan pribadi2 mereka dan itu lebih efektif dari pada langsung ke inti pembicaraan seperti introgasi.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dan semoga kalian yang sedang melakukan wawancara sebagai media penelitian ini dapat berjalan lancar dan tetap semangat untuk membangun bangsa. jika ada kekurangan dalam artikel ini, kalian bisa menambahkan di kolom komentar agar kita semua sama-sama belajar…

Author

denidoflamingo@gmail.com
Saya adalah seorang newbie yang ingin berkarya dan menjadi orang bermanfaat dengan membagikan artikel bermanfaat. teruslah mencari ilmu jangan menjadi orang bodoh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com