Kisah

Dasar-dasar Perlakuan Panas (Heat Treatment)

Dasar-dasar Perlakuan Panas (Heat Treatment) – sebelum masuk ke dasar-dasar perlakuan panas, perlu kalian ketahui tujuan dari perlakuan panas ini terhadap logam yaitu untuk memanfaatkan perubahan struktur logam saat logam mencapai titik lumer sehingga dapat dibentuk dengan cara didinginkan kembali sehingga mendapatkan susunan struktur logam yang berbeda.

dasatrr-dasar perlakuan panas

perlakuan panas memiliki 5 jenis perlakuan panas terhadap logam

  • Annealing
    Adapun tujuan dari perlakuan panas ini yaitu untuk menurunkann kekerasan (melunakkan logam) sehingga meningkatkan logam kemudian mengembalikan ketegangan logam yang terjadi selama pembentukan atau proses pengerjaan salah satu proses pengerjaan yang dimaksud antara lain bubut, tekukm las punching atau pon dan potong.

proses diatas biasanya digunakan dengan cara memanaskan logam hinga suhu mendekati titik lumer logam, kemudian didiamkan sebelum melakukan pendinginan.

proses pendinginan dilakukan dalam atmosfir nitrogen yang dapat mencegah korosi dengan cara menurunkan suhu.

  • Proses Normalizing

proses ini menggunakan pendinginan udara yang berfungsi untuk mengembalikan sifat logam kembali ke kondisi sifat sebelumnya

  • proses Hardening

proses ini bertujuan untuk mengeraskan logam. proses ini dilakukan dengan memanaskan logam hingga mencapai suhu diatas plastis dan kemudian didinginkan dengan percepatan pendinginan. proses pendinginan dilakukan setelah logam mencapai beberapa derajat (30 derajat celsius) yang akan dicelupjan ke dalam air maupun ke dalam oli. setelah itu logam akan didinginkan pada udara.

  • Carburizing

proses ini bertujuan untuk meningkatkan kekerasan dari material dengan cara memasukkan karbon kedalam permukaan baja. proses ini memiliki kekerasan yang tinggi di permukaan akan tetapi berkurang didalam

  • Tempering

proses ini bertujuan yaitu untuk meningkatkan keuletan, toughness dan ukuran butir dari matriks hal ini dilakukan dengan pemanasan kembali setelah dilakukan proses hardening atau normalizing.

Author

denidoflamingo@gmail.com
Saya adalah seorang newbie yang ingin berkarya dan menjadi orang bermanfaat dengan membagikan artikel bermanfaat. teruslah mencari ilmu jangan menjadi orang bodoh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com