Efek Ketika Mandi Setelah Olahraga – Berolahraga tentunya membuat tubuh kita kelelahan dan berkeringat. Ketika kalian berolahraga, tubuh kalian pasti merasa lemas dan mungkin ingin mandri agar bisa menyegarkan tubuh kalian.Tapi, ternyata ketika kalian langsung mandi setelah berolahraga justru dapat menimbulkan dampak buruk untuk kesehatan.

Efek Ketika Mandi Setelah Olahraga
Sumber idntimes.com

KOK BISA!!! Simak artikel ini dengan cermat

  Saat berolahraga, sangat dianjurkan untuk terlebih dahulu melakukan pemanasan agar otot-otot yang kaku menjadi regang dahulu supaya menghindari cedera. Begitu juga dengan pendinginan setelah berolahraga.

  Setelah melakukan latihan yang intens selama beberapa waktu, jantung akan berdetak lebih cepat dan memompa darah yang kaya oksigen lebih banyak dari biasanya ke otot-otot yang aktif. Olahraga juga membuat suhu tubuh meningkat, sehingga kamu akan mengeluarkan banyak keringat sebagai cara tubuh untuk mengembalikan suhu menjadi normal. Bila kondisi tubuh yang masih panas ini langsung disiram air dingin, berikut dampak buruk yang mungkin akan terjadi:

Dampak Buruk Ketika Mandi Setelah Olahraga

1. Fungsi Kelenjar Keringat Terganggu

Saat berolahraga, pori-pori kulit akan terbuka dan mengeluarkan cairan keringat sampai suhu tubuh kembali normal. Nah, bila kamu mendinginkan kulit secara tiba-tiba dengan mandi, maka fungsi kelenjar keringat akan terganggu dan menyebabkan kinerjanya menjadi menurun. Pengeluaran panas tubuh pun jadi terhambat.

2. Risiko pusing

Perubahan suhu yang terjadi teralu drastis, sehingga membuat tubuh kita terkejut dan mengakibatkan sakit kepala atau pusing.

3. Risiko nyeri sendi hingga rematik

Tidak hanya mandi malam saja, ternyata mandi sesaat setelah olahraga juga dapat membuat tubuh kita menjadi rentan terhadap risiko nyeri sendi hingga rematik. Hal ini terjadi akibat tubuh yang harusnya melepas keringat, malah terhambat dengan masuknya air yang digunakan untuk mandi.


4. Mudah terserang flu

Memang segera mandi setelah berolahraga membuat tubuh terasa lebih cepat segar kembali. Namun ternyata, tahukah kamu jika kondisi tersebut ternyata adalah momen melemahnya daya tahan tubuh kamu?  Pada saat-saat ini lah tubuhmu jauh lebih rentan terhadap berbagai virus, utamanya virus flu.
 
5. Risiko serangan jantung

Tak hanya peredaran darah dan hawa tubuh, namun kinerja jantung juga meningkat saat kita berolahraga. Jantung bekerja mengedarkan darah ke seluruh tubuh lebih ekstra dari biasanya. Maka dari itu, pendinginan setelah olahraga juga dibutuhkan untuk mengembalikan kinerja jantung hingga normal. Memang bahaya yang namanya mandi stelah berolahraga karena jika kalian langsung mandi setelah olahraga bisa membuat shock hingga terkena serangan jantung.

Itu tadi beberapa resiko yang mungkin terjadi saat kamu langsung mandi sesaat setelah berolahraga. Tapi bukan berarti kamu tidak boleh mandi, lho!. Mandi setelah olahraga dapat membantu untuk meringankan nyeri otot dan sendi.


Ya, bila kamu ingin mandi setelah olahraga, kamu harus memberikan jeda waktu antara olahraga dan mandi. Jika tidak tahu caranya bisa simak 3 aturan berikut:


  • Sebaiknya jangan langsung mandi setelah berolahraga, namun berilah jeda sekitar 20-30 menit sampai keringat kamu kering dan suhu tubuh kembali normal.
  • Selagi menunggu waktu, kamu bisa melakukan pendinginan berupa peregangan. Pendinginan penting untuk membantu mengembalikan kondisi tubuh seperti semula dan mencegah pegal-pegal setelah berolahraga. Baca juga: Pentingnya Pemanasan dan Pendinginan dalam Olahraga
  • Mandi setelah berolahraga boleh menggunakan baik air hangat maupun air dingin. Dua-duanya bisa memberikan manfaat masing-masing.

Manfaat Ketika Mandi Setelah Olahraga

  •     Tubuh Menjadi Bersih dan Segar


Saat berolahraga, kamu tentunya akan mengeluarkan banyak keringat yang mengandung bakteri dan kuman. Selain mencegah bau badan dan jerawat pada kulit, kamu juga akan merasa lebih segar.

  •     Meningkatkan Metabolisme


Buat kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan, kamu tentunya ingin membakar kalori sebanyak-banyaknya. Nah, setelah membakar lemak dengan berolahraga, lanjutkan lah dengan mandi air dingin karena tubuh akan kembali membakar sedikit kalori untuk mengembalikan suhu tubuh yang turun akibat disiram air dingin.

Jadi, Efek Ketika Mandi Setelah Olahraga tidak hanya memiliki dampak buruk akan tetapi ada juga manfaat diberikan asalkan tahu aturan nya. 

Jika ada pertanyaan bisa komen dibawah dan semoga bermanfaat…